Pengertian Blog
Di zaman yang serba modern ini, hampir setiap pengguna internet di
Indonesia membicarakan mengenai Blog. Istilah Weblog yang kemudian
disingkat menjadi Blog sebenarnya mulai dikenal sejak tahun 1997, namun
baru populer pada tahun 2000. Blog adalah bentuk aplikasi web yang
menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah
halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut
terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama),
meskipun tidak selamanya demikian.
Saat ini, Blog sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia WWW dan
dunia per-internet-an. Blog sudah mulai dijadikan sebagai sumber berita
oleh koran-koran, majalah, radio, bahkan televisi juga sudah menyiarkan
beritanya lewat Blog mereka. Dunia pendidikan pun sudah banyak
menampilkan materi pendidikan di dalam Blog yang telah dibuat khusus
maupun tidak khusus untuk dunia pendidikan.
Didalam Blog para pengajar maupun pihak yang berkecimpung dalam dunia
pendidikan dapat mem-posting materi-materi yang mereka anggap berguna
bagi para pencari informasi pendidikan. Sedangkan pencari informasi
pendidikan pun dapat berpartisipasi mengembangkan maupun sekedar
memberikan komentar dari isi Blog yang telah dilihat.
2.2 Sejarah Lahirnya Blog
Di masa lalu, dunia web masih memiliki tampilan yang sederhana, dengan
warna background yang tidak menarik, teks warna hitam, dan link berwarna
biru. Kemudian berangsur-angsur muncullah gambar, suara, animasi, dan
video yang membuat tampilan web menjadi lebih menarik. Walaupun
demikian, tampilan halaman web masih terlihat statis. Walaupun sudah ada
pendekatan untuk memisahkan data dengan tampilan web dengan cara
menyimpan data ke database, namun tetap saja tampilannya berubah jika
ada yang meng-update-nya secara manual.
Pada akhir tahun 1990-an mulai muncul software untuk membuat Blog dan
muncul juga layanan-layanan lain yang mmbuat orang mudah membuat website
dan meng-update-nya secara kontinyu. Fasilitas-fasilitas ini mulai
berevolusi hingga menjadi layanan Blog seperti sekarang ini. Dengan
menggunakan layanan blogging, seseorang tidak perlu melakukan koding
HTML secara manual untuk menentukan letak isi artikel-artikel. Pengguna
hanya perlu mengisikan isi artikel ke sebuah form dan menyimpannya,
maka isi artikel tersebut otomatis akan ditampilkan oleh software
blogging tersebut. Dengan dimikian, proses penggantian konten website
menjadi lebih mudah, cepat, dan tidak mahal.
2.3 Pemanfaatan Blog Sebagai Sumber Belajar
2.3.1 Pengertian Pemanfaatan
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan dapat terlepas dari kata
belajar, baik itu belajar dalam lingkungan formal maupun belajar di
lingkungan non-formal. Saat manusia belajar sesuatu maka mereka secara
sadar maupun tidak sadar telah memanfaatkan sumber belajar yang ada
berupa buku, tv, radio, manusia, bahkan internet.
Purwanto dalam blognya memberikan pengertian pemanfaatan yaitu sebagai
aktivitas menggunakan proses dan sumber belajar. Ada lima aspek dalam
pemanfaatan, yaitu:
a. Media sebagai teknologi mesin
b. Media sebagai tutor
c. Media sebagai pemotivasi belajar
d. Media sebagai alat berpikir dan memecahkan masalah
2.3.2 Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar adalah apa saja (orang, bahan, alat, teknik, lingkungan)
yang mendukung serta memungkinkan memberikan kemudahan dan kelancaran
terjadinya belajar, serta memungkinkan terjadinya interaksi antara
pebelajar dengan sumber belajar tersebut.
Sumber belajar dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu :
a. Sumber belajar yang sengaja direncanakan (learning resources by
design), yakni semua sumber yang secara khusus telah dikembangkan
sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar
yang terarah dan bersifat formal Contohnya adalah : buku pelajaran,
modul, program audio, transparansi (OHT).
b. Sumber belajar yang karena dimanfaatkan (learning resources by
utilization), yakni sumber belajar yang tidak secara khusus didisain
untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan
dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Contohnya: pejabat pemerintah,
tenaga ahli, pemuka agama, guru, olahragawan, kebun binatang, waduk,
museum, film, sawah, terminal, surat kabar, siaran televisi, internet
(dalam hal ini berupa Blog) dan masih banyak lagi yang lain.
Media massa adalah suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah
khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim melewati media cetak
atau elektronik, sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima
secara serentak dan sesaat. Pengertian "dapat" di sini menekankan pada
pengertian, bahwa jumlah sebenarnya penerima pesan informasi melalui
media massa pada saat tertentu tidaklah esensial. Adapun bentuk media
massa, secara garis besar, ada dua jenis, yaitu : media cetak (surat
kabar dan majalah, termasuk buku-buku) dan media elektronik (televisi
dan radio, termasuk internet)
Agar bisa terjadi kegiatan belajar pada si pebelajar, maka pebelajar
harus secara aktif melakukan interaksi dengan berbagai sumber belajar.
Perubahan perilaku sebagai hasil belajar hanya mungkin terjadi jika ada
interaksi antara pebelajar dengan sumber-sumber belajar. Inilah yang
seharusnya diusahakan oleh setiap pebelajar (instructor, guru) dalam
kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu para pendidik maupun yang
berkompeten dalam hal itu dituntut untuk kreatif dalam menciptakan
sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pebelajar dalam memahami
materi tertentu.
Sumber belajar memiliki fungsi :
a. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat
laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih
baik dan (b) mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga
dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
b. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual,
dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan
(b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan
kemampuannnya.
c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
(a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b)
pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
d. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan: (a) meningkatkan
kemampuan sumber belajar; (b) penyajian informasi dan bahan secara lebih
kongkrit.
e. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu: (a) mengurangi
kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan
realitas yang sifatnya kongkrit; (b) memberikan pengetahuan yang
sifatnya langsung.
f. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.
2.3.3 Pemanfaatan Blog Sebagai Sumber Belajar
Di tengah dunia yang semakin modern ini pemanfaatan teknologi dalam
dunia pendidikan pun tidak dielakkan lagi. Dengan adanya teknologi
modern, arus informasi semakin tak dapat terbendung lagi. Semua orang
diseluruh dunia dapat mengetahui apa yang mereka inginkan melalui
internet. Internet dapat menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga
siapa pun dapat memanfaatkanya.
Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan telah gencar dilakukan
diberbagai negara. Bahkan internet sudah menjadi bagian yang tidak dapat
dipisahkan dalam dunia pendidikan. Blog salah satu produk yang
dihasilkan oleh internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar
karena Blog dapat dibuat oleh siapa pun dengan sangat mudah dan yang
paling penting Blog dapat dibuat dengan gratis.
Fakta di lapangan tentang penggunaan internet di kalangan para siswa dan
pelajar, lebih banyak dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang kurang
produktif, seperti terlalu banyak chatting, friendster-an, bermain
game online, dan mengakses pornografi. Blog yang jumlahnya berlipat 2
setiap 6 bulan, yang pemiliknya dari kalangan siswa dan remaja
jumlahnya sangat signifikan, hal ini merupakan fenomena yang harus
dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan
membuat Blog yang berkualitas agar masyarakat pebelajar dapat dengan
mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Selain berkualitas, Blog
yang dibuat harus juga menarik agar pebelajar makin betah belajar
didunia maya.
Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dengan mudah
di download diberbagai Blog di seluruh dunia. Cukup memanfaatkan search
engine, materi-materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat.
Selain menghemat tenaga dan biaya dalam mencarinya, materi-materi yang
dapat ditemui cenderung lebih up to date. Adapun manfaat Blog bagi
pebelajar adalah sebagai berikut:
a. meningkatkan pengetahuan,
b. berbagi sumber diantara rekan sejawat,
c. bekerjasama dengan pengajar di luar negeri,
d. kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung,
e. mengatur komunikasi secara teratur, dan
f. berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional.
Di samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan Blog sebagai sumber
bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus
online dengan metodologi baru, mengakses materi kuliah yang cocok untuk
mahasiswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya. Sementara itu
mahasiswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara
cepat, sehingga akan meningkatkan dan memperluas pengetahuan, belajar
berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian.
Blog juga dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk media pembelajaran,
yaitu Blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi
belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para
muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya
tersebut. Selain itu blog guru dan murid juga dapat saling
berinteraksi. Guru, yang harus memiliki Blog, mengharuskan murid
memiliki blognya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas
yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi
antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang
terbaik. Setelah semua siswa memiliki Blog dibuatlah suatu komunitas
blogger pebelajar. Ada sebuah Blog sebagai pusat pembelajaran (bisa
berupa blog aggregator atau blog dengan beberapa kontributor), dengan
guru-guru dan siswa dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam
komunitas blogger pebelajar tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar